Portal Client

Boediono Minta Standar Kebersihan Ditingkatkan

Written on April 16, 2014

Pemerintah berupaya terus meningkatkan standar kebersihan di seluruh pelosok Indonesia. Wakil Presiden Boediono secara khusus menetapkan enam sasaran utama gerakan nasional perbaikan standar kebersihan tersebut.

“”Karena ini gerakan nasional, semuanya harus bergerak. Seperti orang berbaris, semuanya melangkah bersamaan dengan tali koordinasi yang erat,” kata Boediono saat memimpin rapat “Indonesia Bersih” di kantornya, Jakarta, Kamis, 3 November 2011.

Beberapa menteri langsung menanggapi arahan Wapres Boediono, salah satunya Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi. Ia mengatakan ujung tombak pelaksanaan perbaikan kebersihan ini adalah pemerintah daerah.

Hampir semua domain yang menjadi fokus saat ini adalah tanggung jawab pemerintah daerah, misalnya sekolah, sungai, maupun pengelolaan limbah, yang semuanya adalah wewenang pemerintah daerah berdasarkan prinsip otonomi.

Gamawan mengusulkan penerbitan Instruksi Presiden (Inpres) kepada para kepala daerah untuk menjalankan program-program ini. “Tentu saja, pemerintah pusat juga harus melakukan fasilitasi agar pelaksanaan program ini di daerah dapat berjalan baik,” kata dia.

Rapat koordinasi itu melibatkan banyak kementerian dan lembaga, di antaranya hadir Menteri Koordinasi bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, Kepala Unit Kerja Presiden bidang Pengendalian dan Pengawasan Pembangunan (UKP4) Kuntoro Mangkusubroto, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Menteri Perindustrian M.S. Hidayat, Menteri Perhubungan E.E. Mangindaan, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, dan Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya.

Hadir pula Menteri Komunikasi dan Informasi Tifatul Sembiring, Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari Gumelar, Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng, Menteri Pembangunan Daerah Tertingal Helmy Faizal Zaini, Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono, Kabaharkam Polri Komjen Pol Imam Sudjarwo, serta pejabat-pejabat eselon satu dari berbagai kementerian dan lembaga.